Minggu, 21 Juli 2013

SIKAP INDEPENDEN


SIKAP INDEPENDEN
            Ketika kita ingin melakukan segala sesuatu dengan sikap inpendent kadang kita akan bertanya apa itu sikap independen, bagaimana penerapannya dan apa saja keuntungan dan resiko ketika kita menerapkan sikap independen serta dalam sektor apa saja sikap independen untuk diterapkan…? Tentunya kita harus benar – benar pahan terlebih dahulu tentang sikap independen itu sendiri…!
Sekilas tentang independen :
Asal kata independen sering disebut berasal dari kata “indi” yaitu kebebasan atau kemerdekaan. Dalam rumusannya sikap independen merupakan salah satu sikap yang tidak berpihak namun bukan netral. Independen hakikinya merupakan salah satu sikap yang berpihak pada kebenaran semata dan tidak dapat dipengaruhi oleh pihak manapun. Seiring perkembangan, sikap independen diartikan sebagai salah satu sikap yang menunjukan kemandirian yang senantiasa mengikuti hati nurani. Sehingga independen saat ini merupakan salah satu sikap yang menunjukan mampu berdiri sendiri dengan ketabahan menerima kelebihan dan kekurangan yang akan dihasilkan namun mampu belajar pada pengalaman yang terjadi.
Penerapan sikap independen serta  keuntungan dan resikonya :
            Setelah kita paham tentang apa itu sikap independen tidaklah sulit untuk menerapkan dalam segala aktivitas kehidupan. Hal yang paling mendasar dalam mengukur independensi yaitu ketika kita terikat akan suatu pekerjaan atau job, yang bilamana kita melakukannya secara professional itu berarti kita telah menerapkan independensi tersebut. Namun ada beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika ingin memiliki sikap independen yaitu kita akan senantiasa dituntut untuk selalu belajar agar memiliki wawasan yang luas demi menunjang kemandirian yang hakiki. Secara logika dari pernyataan tersebut bahwa menerapkan independensi harus memiliki banyak wawasan = pikirkan lagi untuk menerapkan sikap independen kalau masih kurang pengetahuan dan keyakinan. Sikap independen sangat berpengaruh terhadap pengambilan putusan. Jadi antara putusan dengan wawasan memiliki keterkaitan yang sangat erat dalam sikap independen karena paham penerapan sikap independen senantiasa membuat kita untuk yakin terhadap putusan yang kita pilih serta tidak akan mengeluh terhadap resiko yang diterima. ״ salah dalam pengambilan putusan ada resiko besar yang harus diterima ״ dan begitu pula sebaliknya. Orang yang menerapkan sikap independen sangat terlihat unik karena dalam hidupnya selalu puas akan kinerjanya sendiri dan cenderung memiliki prinsip yang kuat. Sikap independen secara rill dapat diimplementasikan dalam perilaku :
1.      Cenderung kepada kebenaran (hanief)
2.      Bebas terbuka dan merdeka
3.      Obyektif rasional dan kritis
4.      Progresif dan dinamis
5.      Demokratis, jujur dan adil.
Dalam menerapkan sikap indenpenden tanpa sadar kalau kita dalam tahap pembentukan karakter yang sangat luar biasa yaitu karakter yang mandiri sesuai dengan hati nurani manusia selayaknya. Mulailah untuk menjadi manusia yang memiliki sikap independen dan selalu menjadi diri sendiri yang sesuai dengan perilaku independen (be your self).

0 komentar:

Poskan Komentar